Minggu, 27 Maret 2011

Mengenal Area kerja Corel Draw Aplikasi Berbasis Vektor

Mengenal Area kerja Corel Draw Aplikasi Berbasis Vektor
CorelDraw adalah program desain yang sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan desain dan computer.CorelDraw adalah program pengolah grafik berbasis vector yang sangat handal yang mampu memberikan kemudahan bagi para pemakai program CorelDraw,baik yang masih pemula maupun yang sudah professional di bidang desain grafis.software desain grafis ini menyediakan piranti dan fasilitas untuk membuat objek gambar.
Dari beberapa versi perkembangan CorelDraw,yang saat ini cukup baik anda gunakan adalah CorelDraw Versi 12.versi yang tinggi membutuhkan performa computer spesifikasi prosesor,ram,dan memori grafis yang tinggi.untuk penggunaan standar (latihan atau membuat karya grafis sederhana),versi yang lebih lama versi 10, X3 atau 11 pun sebenarnya cukup baik digunakan.
Format vector yang di gunakan CorelDraw membuat hasil karya yang diperoleh menjadi lebih jelas dan ukuran filenya lebih kecil sehingga dapat mempercepat proses output yang dihasilkan.Coreldraw sangat bermanfaat dalam bidang grafis sehingga kebutuhan akan desain grafis akan semakin meninggkat.
Grafik dengan tipe / format vector merupakan gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva berdasarkan rumus matematis .Vektor menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinat geometris gambar tersebut.objek vector banyak digunakan dalam pembuatan pengelolaan teks dan logo. Kualitas hasil tampilan vector tidak tergantung pada resolusi gambar(resolution dependent)artinya gambar vector bisa diubah-ubah ke berbagai ukuran dan juga dapat dicetak pada tingkat resolusi gambar sebesar apapun tanpa kehilangan kehalusan dan ketajamannya.citra atau grafik vector merupakan pilihan terbaik ketika harus menampilkan gambar –gambar yang harus bisa dipertahankan ketajaman serta kehalusannya ketika ukurannya diubah-ubah(diperbesar atau diperkecil).
Grafik vector juga hanya memerlukan ruang penyimpanan yang relative lebih kecil sehingga media penyimpanan di computer anda tidak cepat penuh.dalam bentuk file,citra vector biasanya memiliki format *.eps(encapsulated postscript),*.wmf(windows metal file)atau sesuai dengan software aplikasi grafis pembentuknya.
-Mengaktifkan corel draw
CorelDraw dapat diaktifkan melalui Start menu atau shortcut di desktop anda.dapat juga mengaktifkan melalui Start Menu,dengan klik tombol start-klik All program-pilih CorelDraw Graphics Suite X3.selanjutnya akan tampil lembar kerja program CorelDraw X3 dan kotak dialog Welcome to Coreldraw X3.
Sebelum mulai bekerja dengan Coreldraw,terlebih dahulu mengenal elemen-elemen dasarnya,antara lain :
A.Menu Bar,yaitu baris perintah yang mendukung operasional CorelDraw,yang memuat menu standar,file,edit,View,Layout,Arrange,Effects,Bitmaps,Text tools,window,dan Help.
B.Toolbar,yaitu tombol shortcut perintah-perintah dari menu pokok seperti membuka file baru (New),membuka file(Open),menyimpan file(Save),mencetak(Print),copy,paste,cut,undo untuk membatalkan beberapa perintah atau langkah terakhir,redo,import,Export.
C.Ruler,yaitu ruler horizontal dan ruler vertical,berfungsi untuk mengukur ukuran kertas dan gambar yang digunakan.
D.Docker,yaitu jendela yang menunjukkan setting yang digunakan karena kita menggunakan menu tertentu.
E.Color Palettes,yaitu pilihan-pilihan warna yang dapat digunakan untuk mewarnai objek.
F.Area gambar,yaitu daerah atau halaman yang digunakan untuk melakukan ,mengedit,dan membuat desain grafis CorelDraw.
G.Navigator,yaitu daerah dimana halaman yang aktif,jumlah halaman,dan dapat digunakan untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain.
H.Title Bar,yaitu menunjukkan path& nama document yang sedang dibuka dalam tanda kurung siku[Nama document]
I.Property Bar,yaitu berisi menu-menu pengaturan document.
J.Toolbox berisi menu-menu yang digunakan untuk menggambar ,
Seperti:shape tool(untuk mengatur objek),rectangle tool,(untuk
Menggambar bentuk segiempat),zooming tool(untuk memperbesar
Tampilan gambar),elipse tool(untuk menggambar bentuk lingkaran/
Elips.
Membuat dan menyimpan Dokumen baru
1.Membuat Dokumen baru
Setelah jendela CorelDraw terbuka ,untuk membuat document baru,dapat dilakukan menggunakan menu dan ikon yang tersedia baik menu bar,toolbar,toolbox,dan flyoutnya,maupun yang lainnya.Untuk membuat objek tertentu,klik toolbox yang diperlukan.
2.Menyimpan Dokumen
Setelah selesai membuat desain pada lembar kerja,kamu dapat menyimpannnya dengan langkah-langkah berikut :
•Klik menu File>Save As hingga muncul save Drawing.
•Pilih Lokasi penyimpanan pada kotak pilihan save in.
•Ketik nama file pada kotak File name.
•Klik Save maka dokumen sudah tersimpan.

A.Mengatur Format Halaman
Halaman dokumen dapat diformat melalui kotak dialog Options dengan cara klik menu Layout-page setup.
B.Membuat Teks Paragraf
Untuk membuat teks paragraph,dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
a.Klik ikon Text tool pada Toolbox.
b.an mouse pointer pada kanvas,kemudian tekan dan geser mouse sampai posisi dan ukuran paragraph yang diinginkan,sehingga akan tampak textbox.
c.Ketiklah paragraph yang diinginkan pada textbox tersebut.

Sumber :http://miapurwanti.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar