Kamis, 10 Maret 2011

Berlian Bisa Perangi Kanker Ganas

INILAH.COM, Washington – Peneliti Amerika Serikat (AS) menemukan cara menyerang tahap akhir kanker payudara dan hati. Hal ini dilakukan menggunakan partikel karbon berlian nano.
Teknik ini dilakukan dengan membubuhkan obat kemoterapi dengan partikel karbon berlian nano. Teknik ini telah diuji pada tikus dan berlian nano terbukti bisa membantu obat dan doxorubicin masuk ke dalam tumor yang kebal kemoterapi serta menyusutkannya. Studi ini diterbitkan di jurnal Science Translational Medicine.
Tanpa berlian nano, obat akan ditolak tubuh dan gagal menyerang tumor. Bahkan karena tingginya dosis bisa menewaskan pasien. "Teknik ini menunjukkan pentingnya berlian nano dalam pengobatan kanker yang kebal kemoterapi," tulis studi itu.
Riset ini menjanjikan kemungkinan penggunaan berlian nano pada manusia karena obat kemoterapi sendiri 90% gagal menekan penyebaran kanker dalam tubuh, kanker ini dikenal sebagai kanker metastatic.
“Hal paling menarik dari studi ini adalah ketika kita bisa memakai obat berdosis tinggi yang dosisnya sangat beracun dan bisa membuat hewan mati,” kata penulis utama studi ini, Dean Ho dari Northwestern University.
“Namun ketika kami menggunakan dosis sama dan memadukannya dengan berlian nano, semua hewan tak hanya bertahan, ukuran tumor pun menjadi sangat kecil,” tutupnya.[mor]
http://id.berita.yahoo.com/berlian-bisa-perangi-kanker-ganas-20110309-180000-174.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar